Wicha

April 25, 2009

Pertanyaan:

a. Uraikan landasan psikologis tentang pentingnya memaknai hidup.
b. Jelaskan mengapa teori tersebut (a) kamu rasa cocok untuk klien-mu.
c. Apakah landasan teologis yang dapat kamu gunakan untuk membantu klien-mu memaknai pengalaman penderitaannya?

One Response to “Wicha”

  1. wicha said

    a. landasan psikologis yang saya ambil adalah dari Gede Prama: bagi orang kebanyakan luka itu mematikan hanya bagi manusia mengagumkan luka itu mempersehat jiwa. tatkala pintu ketakutan dan keraguan menghadang, ribuan buku suci tidak memberikan makna apa-apa namun ketika pintu keiklasan terbuka bahakan satu katapun sudah terlalu banyak.

    b. teori tersebut cocok untuk klien saya karena ia kehilangan suaminya dan mengalami luka batin yang amat mendalam bahakan dia mengalami ketakutan melihat peristiwa yang mirip dengan kejadian yang menimpa suaminya. ia sampai sekarang belum bisa menerima dan mengiklaskan kepergian suaminya maka teori tersebut menurut saya cocok digunakan untuk mendampingi klien saya.

    c.landasan teologisnya saya ambil dari Tesalonika 4,14 yang tertulis, kalau kita percaya bahwa Yesus telah wafat dan bangkit maka kita percaya juga bahwa semua orang yang meninggal dalam iman akan Yesus akan dikumpulkan Allah bersama dengan Yesus.selain itu saya juga mengambil dari Yohanes, 16,22-23: demikian juga kamu sekarang diliputi duka cita, tetapi aku akan melihat kamu lagi dan hatimu akan bergembira dan tidak ada seorangpun yang dapat merampas kegembiraanmu itu dari padamu. saya rasa lagu yang dinyanyikan oleh Betaria Sonata juga cocok untuk landasan teologis. lagu tersebut:

    INDAH RENCANAMU TUHAN

    indah rencanaMu Tuhan,
    didalam hidupku
    walau ku tak tahu dan ku tak mengerti
    semua jalanMu/

    Dulu ku tak tahu,
    berat kurasakan,
    hati menderita dan ku tak berdaya
    menghadapi semua.

    tapi ku mengerti sekarang
    Kau tolong padaku
    kini ku melihat dan ku merasakan
    semua jalanMu, indah rencanaMu.

Leave a Reply

