Tyo dan Beni

April 25, 2009

Pertanyaan:

a. Uraikan landasan psikologis teori pentingnya memaknai hidup (Salah satu saja, jangan ada 2 teori seperti laporan yang lalu. Gagasan siapa yang mau dipakai? Coba dikomunikasikan dengan baik: apakah masih mau bekerjasama atau mau bekerja sendiri-sendiri dengan klien yang berbeda?).
b. Jelaskan mengapa teori tersebut (a) kalian rasa cocok untuk membantu klien
c. Apakah landasan teologis yang dapat kalian gunakan untuk membantu klien dalam memaknai pengalaman penderitaannya?

One Response to “Tyo dan Beni”

  1. BeniTyo said

    28 April 09

    a.Landasan psikologis yang digunakan sebagai bantuan dalam memaknai hidup klien kami adalah teori V.Frankl.

    b.Teori tersebut kami rasa cocok untuk membantu klien karena dalam teori tersebut menekankan bahwa :
    1)inti dari pemaknaan diri tidak tergantung lingkungan sekitar, tetapi lebih tergantung pada diri individu itu sendiri (Frankl, hal 12).
    2)makna hidup dapat ditemukan dalam setiap keadaan, tidak saja dalam keadaan normal dan menyenangkan, tetapi juga dalam penderitaan, seperti dalam keadaan sakit, bersalah dan kematian. Frankl mengingatkan adanya harapan dalam keputusasaan, hikmah di balik musibah, dan adanya makna dalam penderitaan (Frankl, hal 14).
    3)Setiap manusia memiliki kemampuan untuk mengambil sikap terhadap penderitaan dan peristiwa tragis yang tidak dapat dielakkan lagi yang menimpa diri sendiri dan lingkungan sekitar, setelah upaya mengatasinya telah dilakukan secara optimal tetapi tidak berhasil. Maksudnya, jika kita tidak mungkin mengubah suatu keadaan, sebaiknya kita mengubah sikap atas keadaan itu agar kita tidak terhanyut secara negatif oleh keadaan itu (Frankl, hal 39)

    c.Landasan teologis yang kami gunakan adalah Mazmur 13 : 6 “Tetapi aku, kepada kasih setia-Mu aku percaya, hatiku bersorak-sorai karena penyelamatan-Mu. Aku mau bernyanyi untuk Tuhan, karena Ia telah berbuat baik kepadaku”. Kepercayaan kepada kasih setia Tuhan adalah kekuatan bagi manusia untuk memampukannya menghadapi segala penderitaan dan percobaan yang dialaminya. Kepercayaan akan kasih setia Tuhan akan mengantarkan kita pada situasi yang bahagia, kegembiraan yang abadi.

    Daftar Pustaka
    Bastaman,H.D.2007.Logoterapi Psikologi untuk menemukan makna hidup dan meraih hidup bermakna. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: