Sisil

April 25, 2009

Pertanyaan:
a. Uraikan landasan psikologis tentang pentingnya memaknai hidup.
b. Jelaskan mengapa teori tersebut (a) kamu rasa cocok untuk klien-mu.
c. Apakah landasan teologis yang dapat kamu gunakan untuk membantu klien-mu memaknai pengalaman penderitaannya?

One Response to “Sisil”

  1. sisil said

    a. Landasan psikologis tentang pentingnya memaknai hidup, saya menggunakan buku Chuck Spezzano yang berjudul “50 Ways to Let Go and be Happy”. dalam buku tersebut ada kalimat yang dapat memotivasi klien saya yaitu ” Ketika kita melepaskan, sesuatu yang jauh lebih baik akan datang menggantikan apa yang telah hilang”.

    b. Teori tersebut saya rasa cocok dengan klien saya karena ketika kita melepaskan, kita memperkenankan diri kita untuk meletakkan segala sesuatu dalam gambaran yang tepat, sehigga kita dapat memulainya lagi dengan menjalani kehidupan dimasa sekarang. Buanglah apa yang perlu dibuang secara sedikit demi sedikit. Kita tidak boleh terlalu terlarut dalam kesedihan karena dapat memunculkan kehampaan dalam mejalani hidup ini.
    Hal ini akan melepaskan masa yang telah lalu dan menolong kita untuk memasuki saat sekarang ini.

    c. Landasan teologis yang dapat saya gunakan untuk membantu klien saya dalam memaknai pengalaman penderitaannya yang belum bisa menerima kepergian ibunya sampai saat ini, saya menggunakan ayat kitab suci Al’Quran yang berbunyi “Sesungguhnya kami adalah milikmu dan kepada-Mulah kami kembali”. (Qs.Albaqoroh, 2:156)
    ” Barang kali musibah yang menimpa diri Anda mengandung kebaikan bagi diri Anda sebagaimana disebutkan dalam firmannya : ” Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik “. (Qs 2:216)
    Dalam hal ini klien diharapkan bisa menerima cobaan yang diberikan oleh Tuhan kepadanya karena dibalik cobaan yang diberikan oleh Tuhan pasti ada hikmahnya. Tuhan tidak akan meninggalkan umat-Nya sendiri karena hal itu semua merupakan rencana Tuhan yang diberikan kepada umat-Nya. Tuhan akan selalu menyertai dan membantu umat-Nya yang membutuhkan pertolongan kepada-Nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: