Rini

April 25, 2009

Dalam blog Gede Prama saya menemukan pernyataan bahwa badai, penderitaan, kekecewaan adalah sisi gelap dalam hidup; tapi disisi lain merupakam vitamin atau obat bagi jiwa. Hal-hal tersebut adalah the gift that nobody want…. dengan sekuat tenaga kita mengelak dari badai dan masalah tapi toh kita tak jarang jarang menghampiri….. Yang dibutuhkan klien saya adalah menerima hdupnya sekarang dan perhatian dari orang-orang sekitarnya. Ia membutuhkan sahabat dan orang-orang yang peduli terhadapnya, baginya perhatian itu adalah obat-obat yang dahsyat yang dapat menyembuhkannya yang dapat membuatnya tetap berusaha untuk bangkit dan tetap bersemangat. Dan pada akhirnya klien benar-benar menyadari bahwa ternyata “Tuhan punya rencana yang unik,aneh, menyakitkan pada awalnya namun terasa indah pada saatnya nanti. Dan impianku pun akan kembali terbang bersama sayap-sayap perjuangan ku”.

Catatan penting: Coba kamu baca kembali sendiri uraian yan telah kamu ulis itu sebab menurut saya isinya belum cukup jelas. Setelah itu jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut:

a. Coba rumuskan kembali pernyataan Gede Prama yang kamu rasa cocok untuk memberikan pendampingan psikologis bagi klienmu.
b. Jelaskan alasanmu bahwa gagasan Gede Prama itu cocok untuk mendampingi klienmu.
c. Apakah landasan teologis yang hendak kamu gunakan untuk mendampingi klien memaknai pengalaman penderitaannya?

One Response to “Rini”

  1. rini said

    a. badai, penderitaan, kekecewaan disatu sisi adalah sisi gelap dalam hidup namun penderitaan adalah vitamin bagi jiwa.
    b. Gagasan itu cocok untuk mendampingi klien saya dengan alasan karena Klien menganggap bahwa dirinya tidak berguna dan hanya bisa merepotkan orang lain dalam mendampingi dan menemaninya setiap hari.dengan gagasan Gede Prama dapat membantu klien untuk memaknai hidup,penderitaan dan merubah cara pandang negatif terhadap dirinya (yakni menganggap dirinya tidak berguna) sehingga bisa menganggap penderitaan adalah vitamin bagi jiwa dan dapat mengisi hari-harinya dengan bahagia. selain itu agar klien bisa memahami bahwa orang-orang yang mendampinginya dengan setia adalah para sahabat yang dapat menopang saat ia jatuh, menguatkannya untuk bangkit dan memberikan energi yang dahsyat bagi hidupnya.
    c. Landasan Teologis: Yesaya 40: 31″ Tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.”
    Pengkhotbah 3:11 ” Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: