Hanna dan Maya

April 25, 2009

Pertanyaan:

a. Uraikan landasan psikologis tentang pentingnya memaknai hidup.
b. Jelaskan mengapa teori tersebut (a) kamu rasa cocok untuk klien-mu.
c. Apakah landasan teologis yang dapat kamu gunakan untuk membantu klien-mu memaknai pengalaman penderitaannya?

One Response to “Hanna dan Maya”

  1. HANNA dan MAYA said

    Landasan psikologis kami ambil dari Gede Prama yaitu “Kedamaian bukan berarti anda harus berada di tempat yang tanpa keributan, kesulitan atau pekerjaan yang keras dan sibuk. Kedamaian adalah hati yang tenang dan damai, selalu terpaut kepada Allah, Sang Pencipta dan Penguasa Alam Semesta. Meski anda berada di tengah-tengah keributan yang begitu luar biasa. Kedamaian hati adalah kedamaian sejati, karena Allah akan selalu menjaga dan bersama anda.”
    Menurut kelompok kami landasan psikologis ini sesuai dengan keadaan klien yang sedang kami dampingi karena pada saat ini ibu Kaminem merasa bahwa ia sendirian dan takut menghadapi penyakitnya, ia merasa kalau keluarganya akan meninggalkannya dan tidak mau merawat di saat beliau sakit. Tetapi sejak kami mendampingi ibu Kaminem, ia merasa senang dan damai karena dirinya ada yang mau menemaninya. Kami juga memberikan pendekatan kepadanya dan mencoba memberi masukan bahwa kelurganya akan tetap mencintainya walaupun mereka tidak tinggal bersamanya. Dan kebahagiaan serta kedamaian itu akan ada apabila kita dekat dan berpasrah kepadaNya. Seperti dituangkan dalam ayat Alkitab berikut ini :
    Lukas 1:77 “ untuk memberikan kepada umat-Nya pengertian akan keselamatan yang berdasarkan pengampunan dosa-dosa mereka “
    Lukas 1:79 “ untuk menyinari mereka yang diam dalam kegelapan dan dalam naungan maut untuk mengarahkan kaki kita kepada jalan damai sejahtera ”
    Ayat ini sangat sesuai dengan keadaan klien kami sebab dalam sakit yang sedang klien derita saat ini, ternyata klien yang tadinya merasa ketakutan akan penyakit yang dideritanya perlahan – lahan klien kami mulai dapat menerima dan berpasrah diri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: