Bayu

April 25, 2009

Pertanyaan:

a. Uraikan landasan psikologis tentang pentingnya memaknai hidup.
b. Jelaskan mengapa teori tersebut (a) kamu rasa cocok untuk klien-mu.
c. Apakah landasan teologis yang dapat kamu gunakan untuk membantu klien-mu memaknai pengalaman penderitaannya?

One Response to “Bayu”

  1. bayu said

    a. saya mengambil dari blog Gede Prama, yang mengatakan bahwa memaafkan itu menyembuhkan, artinya kegiatan memaafkan pasti menyembuhkan siapa saja yang mau dan rela memaafkan. Seperti baru saja meletakkan beban berat yang lama tergendong di bahu, demikianlah rasanya ketika kita rela memaafkan orang lain maupun memaafkan diri sendiri.

    b. teori tersebut cocok untuk klien saya, karena dia belum bisa memaafkan dirinya sendiri yang belum bisa memenuhi keinginan terakhir dari ibunya sebelum meninggal. selain itu dia juga belum bisa memaafkan orang tua dari pacarnya yang tidak setuju atas hubungannya dengan anaknya. akibat belum bisa memaafkannya tersebut, hidupnya menjadi tidak tenang dan sering kali mengeluarkan kata-kata pedas apalagi bila bertemu dengan orang tua mantan pacarnya dia tidak mau bertegur sapa.
    c. landasan teologis yang saya gunakan saya ambil dari Efeseus 4, 32-5,2 yang intinya: bersikaplah ramah seorang terhadap yang lain, berlakulah lembut hati dan hendaklah saling mengampuni, seperti Allah telah mengampuni kamu dalam kristus. sebab itu jadilah pengikut Allah sebagai anak-anaknya yang tercinta.
    selain itu lagu Gemuruh ombak juga saya rasa ada makna teologisnya untuk klien saya pada reff lagu ini adalah: cintailah sesamamu seperti dirimu sendiri bersama-sama kita nikmati apa yang dikaruniakannNya. saya berencana akan bersama klien untuk menyanyikan lagu ini selain itu saya juga akan menyanyikan lagu yang berjudul

    INDAH RENCANAMU TUHAN

    Indah rencanamu Tuhan,
    di dalam hidupku,
    walau ku tak tahu dan tak ku mengerti,
    semua jalanMu.

    dulu ku tak tahu, Tuhan,
    berat ku rasakan,
    hati menderita dan ku tak berdaya
    menghadapi semua.

    tapi ku megerti sekarang
    Kau tolong padaku
    kini ku melihat dan ku merasakan
    semua jalanMu, indah rencanaMu.

Leave a Reply

